5 Contoh Penutup Pidato Islami yang akan Membuat Percaya Diri

penutup pidato islami

AnakIslam.com – Contoh penutup pidato Islami biasanya banyak yang mencari jika seseorang akan berpidato dan belum tahu bagaimana cara membuat penutupan pidato yang baik dan benar. Namun, bukan hanya itu saja karena biasanya banyak yang mencari saat ada tugas Bahasa Indonesia.

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia tentu ada bagian membuat pidato dan untuk penutupannya akan banyak yang merasa kebingungan. Namun, sekarang tidak perlu lagi khawatir karena di bawah ini akan diberikan bagaimana penutupan pidato Islami yang bagus:

1. Penutupan Pidato 1

Untuk penutupan pidato yang pertama ini bisa digunakan bagi yang baru mencoba pidato yang ingin secara Islami, tetapi singkat.

“Akhir kata, hanya ini pidato yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini kepada bapak, ibu dan teman-teman sekalian. Saya sangat berharap besar dengan apa yang saya sampaikan baru saja bisa sangat bermanfaat untuk saya dan hadirin semuanya (Salam).”

2. Penutupan Pidato 2

Untuk kali ini ada penutup pidato islami jika di saat berpidato yang isinya menceritakan kisah-kisah islami di zaman Rasulullah dan berikut contohnya:

“Sekian sudah pidato dari saya, semoga kita yang hadir pada kesempatan yang berbahagia ini bisa mengambil hikmah juga meneladani kisah indahnya di zaman Rasulullah yang saya sampaikan. Saya di sini masih belajar dan banyak sekali berterima kasih atas kesempatan yang diberikan karena dapat berbicara di depan hadirin semua. Saya juga sangat ingin memohon maaf jika masih ada banyak kekurangan, (salam).”

3. Penutupan Pidato 3

Seperti yang telah dikatakan tadi di atas bahwa dalam pelajaran Bahasa Indonesia pasti akan ada tugas dalam membuat pidato. Jika memang seseorang itu belum terbiasa membuat pidato tentu akan sangat sulit menyampaikan isi materi.

Tidak berhenti sampai di sana karena biasanya dalam pidato akan ada bagian pembuka, isi dan penutup. Mungkin untuk pembuka dan isi materi bisa menyesuaikan dengan tugas yang diberikan. Namun, bagaimana dengan bagian penutupnya banyak orang tidak tahu.

Kadang ingin singkat, tetapi seakan-akan itu bukan penutupan pidato. Namun, kadang juga ingin panjang, tetapi tidak memungkinkan karena akan sangat sulit menghafal penutupan pidato panjang dan berikut adalah contohnya:

“Terima kasih banyak yang dapat saya sampaikan atas perhatian ibu bapak sekalian. Saya di sini juga sangat ingin memohon maaf jika masih ada tutur kata yang masih salah atau kurang enak di hati bapak ibu sekalian. Saya juga berharap memohon supaya kita semua kekuatan untuk istiqomah dan berkah dari Allah SWT, (salam).”

4. Penutupan Pidato 4

Penutupan pidato bukan hanya digunakan untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia saja, karena bisa juga digunakan untuk seseorang yang ingin berpidato di depan banyak orang. Jadi, untuk lebih jelasnya bagaimana penutupan pidato yang baik, dapat simak berikut ini:

“Pada akhirnya sampailah kita di penghujung pidato ini. Manusia memang satu-satunya makhluk yang pasti memiliki dosa termasuk saya yang sedang berdiri di sini. Saya pribadi sangat ingin memohon maaf sangat besar jika ada kata-kata yang salah dan membuat tidak nyaman di hati, (salam).”

5. Penutupan Pidato 5

Berikut ini adalah contoh penutup pidato terakhir yang dapat dilakukan saat akan berpidato di depan banyak orang dan berikut contohnya:

“Sekian saja pidato yang bisa saya sampaikan, jika masih banyak kekurangan saya memohon maaf karena saya juga masih belajar. Saya juga selalu berdoa agar kita di sini yang dirahmati Allah SWT selalu berada di dalam lindungannya, terima kasih dan (salam).”

Itulah dia tadi lima contoh penutup pidato islami yang baik bisa digunakan saat berpidato di depan banyak orang atau untuk tugas Bahasa Indonesia. Semoga contoh penutupan di atas dapat membantu saat berpidato menjadi lebih percaya diri.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *