20 Pekerjaan Lulusan Pesantren. Mau Pilih yang Mana ?

1 min read

Pekerjaan Lulusan Pesantren

AnakIslam.com – Menjadi orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, terutama untuk hal-hal yang penting seperti pendidikan, setiap orang tua pasti ingin mendapatkan bekal pendidikan yang layak dan bernilai untuk buah hatinya. Dari sekian banyak jenis pendidikan yang ada, maka pesantren layak untuk dijadikan pilihan.

Kelebihan Pesantren

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa orang tua yang memondokkan anaknya ke pesantren mereka adalah orang tua yang tahu akan pentingnya ilmu agama bagi anak-anaknya. Mereka sangat menyadari bahwa dengan memondokkan anaknya, maka porsi sang anak belajar ilmu agama akan lebih banyak. Maka kini makin banyak orang tua yang mulai memondokkan anaknya, dengan harapan anak-anaknya lebih terjaga dan terhindar dari pengaruh pergaulan remaja yang kini semakin mengkhawatirkan.

Tapi ternyata memondokkan anak bukanlah hal yang mudah, setiap orang tua yang mempunya niat ini akan diuji dengan berbagai pertanyaan, yang tak jarang mengurangi kekuatan niatnya utnuk memondokkan anak.

Dari sekian pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat umum kepada orang tua yang memondokkan anaknya adalah,

“Setelah lulus pesantren, anak bisa bekerja sebagai apa?”

Atau pertanyaan sejenis,

“Apa pekerjaan yang bisa didapat dari seorang lulusan pesantren?”

Karena admin disini adalah seorang lulusan pesantren, maka seakan pertanyaan itu ditanyakan pada pribadi admin sendiri. Maka untuk menjawabnya, maka admin akan menjelaskan sejauh yang admin tahu, tentuya sesuai fakta di lapangan atau profesi yang rekan-rekan admin jalani sebagai seorang lulusan pesantren.

Beberapa Profesi Lulusan Pesantren

Sebagai orang tua mestinya kita tidak perlu risau dengan profesi atau pekerjaan yang akan diperoleh anak-anak kita di pesantren, karena selama admin mondok di Pondok Modern (PM) Gontor, banyak hal yang bisa diperoleh. Bukan hanya dari pelajaran sekolah, tapi juga ekstra kulikuler (kursus). Dengan banyaknya pelajaran dan keterampilan yang diterima selama di pondok pesantren ini, maka bukan tidak mungkin bagi seorang lulusan pesantren untuk mempunyai profesi sebagai berikut:

  1. Pimpinan Pondok
  2. Guru / Dosen
  3. Da’i di Masyarakat
  4. Penulis
  5. Penerjemah
  6. Desainer
  7. Internet Marketer
  8. Seniman
  9. Pebisnis
  10. Arsitek
  11. Karyawan di Perusahaan
  12. Karyawan di Instansi Pemerintah
  13. Pengacara
  14. TNI / Polri
  15. Pelaut
  16. Perhotelan
  17. Duta dan Konsul
  18. Tour Guide
  19. Motivator
  20. Therapis

Cukup banyak bukan ? memang begitulah adanya. Dengan berbagai ilmu, pelajaran dan pendidikan yang diterima oleh santri selama mondok di pesantren, bukan tidak mungkin jika ia mengasah potensi dirinya saat sudah lulus dari pesantren, maka ia akan mendapatkan profesi yang ia inginkan.