5 Rekomendasi Model Gendongan Bayi Terbaik

1 min read

5 Model Gendongan Bayi Terbaik

Salah satu hal yang paling disukai oleh seorang bayi adalah ketika digendong. Namun, terdapat banyak cara dalam menggendong bayi. Dari berbagai cara itu terdapat model gendongan bayi yang cukup mudah serta menciptakan kenyamanan bagi buah hati. Banyaknya model gendongan terkadang membuat bingung hendak memakai model mana satu. Berikut dijabarkan 5 model, langsung saja.

1. Model Gendong Wrap

Model gendongan bayi satu ini memiliki ciri khas kain panjang. Kain ini dililitkan pada tubuh sang Ibu kemudian bayi diletakkan didepan dengan posisi yang telah diatur sedemikian rupa.  Kelebihan dari model ini dapat meringankan bahu dan punggung sang ibu. Kain yang dililitkan membuat bobot pada bayi menyebar ke seluruh tubuh tidak hanya menitikberatkan pada satu punggung.

Meskipun begitu, terdapat juga kelemahan dari model gendongan ini yaitu karena harus dililitkan pada sekujur tubuh, terasa ribet dan tidak efektif. Lagipula model satu ini sudah jarang digunakan oleh masyarakat publik, sehingga untuk mencari model ini mungkin akan sedikit sukar.

BACA JUGA   Manfaat ASI Untuk Bayi, Bunda Wajib Tahu!

2. Model Gendong Chucking Ring

Model gendongan bayi ini sudah biasa digunakan pada zaman dahulu kala hingga sekarang. Dengan sehelai kain yang dimodifikasi mengikuti perkembangan tren, sehingga membuat model ini semakin sederhana untuk digunakan. Adanya tambahan dua buah bulatan plastik kuat yang digunakan sebagai tambahan dalam menahan bobot. Kelebihan dari model ini adalah dapat dipakai sambil menyusui.

Tidak hanya itu saja, gendongan juga dapat diatur rendah tingginya. Model ini juga mudah diterapkan oleh sang Ibu yang baru saja belajar menggendong bayi. Hanya saja jangka waktu penggunaan yang lama membuat bahu kaku. Meskipun begitu, model ini cukup membuat bayi nyaman dan mudah tertidur.

3. Model Gendongan Samping

Gendongan ini sangat sederhana, namun memerlukan gendongan khusus dengan jenis silikon tipis masih menggunakan dua bulatan sebagai pengikat. Pengikat bulatan merupakan bahan stainless steel yang tahan lama dan harganya juga terjangkau murah. Model ini memberikan kenyamanan bagi bayi mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan segar, sehingga bayi tidak akan merasa kepanasan.

BACA JUGA   Tips Pumping Untuk Ibu Bekerja Yang Bisa Dilakukan!

4. Model Pouch Sling

Gendongan pouch sling berbentuk kantung kain sederhana dengan kedua ujung kain yang dijahit. Model gendongan bayi ini tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga tidak perlu khawatir akan kenyamanannya. Biasanya, model ini menjadi favorit para ibu muda karena mudah dibawa kemana-mana dapat diletakkan di dalam tas. Penggunaan yang mudah dilepas memberi kenyamanan ekstra. Hanya saja ada beberapa produk yang tidak bisa diatur kepanjangannya.

5. Model Gendongan SSC

Model ini cukup populer digunakan di luar negeri, bayi dapat digendong dalam posisi duduk baik mengarah ke depan maupun ke belakang. Kelebihan dari model ini dapat menahan bobot bayi hingga 11 kilogram. Tangan sang Ibu juga akan merasa nyaman ketika menggendong bayi dengan gendongan SSC.

Bagi yang memiliki banyak aktivitas baik didalam maupun diluar rumah, model ini sangatlah tepat. Apalagi jika digunakan untuk bepergian, tidak akan mengganggu sama sekali malah membuat bayi semakin nyaman. Bahu juga tidak akan terasa pegal, karena model yang didesain seperti memakai tas punggung. Hanya saja gendongan ini cukup sukar untuk dibersihkan.

BACA JUGA   6 Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Cepat Gemuk Mudah Dilakukan

Model gendongan bayi yang diulas merupakan model-model yang masuk kedalam rekomendasi terbaik yang bisa dicoba. Berbagai model yang dibahas ini juga tidak sulit ditemukan, karena telah banyak tersedia baik di toko peralatan bayi maupun berbagai platform e-commerce. Menggendong bayi tidak akan rumit lagi, bayi juga akan semakin lengket dengan sang ibu.