Membiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini

Membiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini

Membiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini
Membiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini

AnakIslam.comMembiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini. Anda punya anak perempuan? Berbahagialah karena ini bisa mengantarkan Anda masuk syurga, tentunya dengan catatan bisa menjaga mereka dengan menutup auratnya saat sudah berusia baligh. Tapi alangkah lebih baiknya jika kewajiban itu bisa menjadi kebiasaan yang baik jauh hari sebelum mereka dewasa.

Tentu bagi orang tua, apalagi seorang ayah yang mempunyai tanggung jawab pada anak perempuannya utnuk menutup aurat, tidak ingin jika hingga memasuki usia dewasa anaknya tidak mau menutup aurat. Karena kewajiban menutup aurat ini wajib bagi mereka, yang tujuannya tentu untuk kehormatan dan kebaikan mereka sendiri.

Kewajiban menutup aurat ini tentu dibebankan kepada mukallaf (orang yang dibebani kewajiban karena mencapai syarat tertentu), yaitu orang baligh dan berakal. Ketika seorang sudah mukallaf diwajibkan untuk menutup aurat dan menjalankan seluruh kewajiban agama. Tidak ada kewajiban menutup aurat bagi anak kecil ataupun orang gila.

Tapi meskipun demikian, orang tua harus tetap mengajarkan dan mendidik anaknya agar terbiasa menggunakan pakaian yang menutup aurat, sehingga ketika dewasa nanti sudah terbiasa melakukannya dan tidak melakukannya dengan terpaksa. Ini yang disebut kebiasaan yang baik yang bisa dilakukan oleh orang tua jauh hari sebelum anaknya masuk usia dewasa.

Lalu, kapan sebaiknya orang tua menganjurkan anaknya agar menutup aurat ?

Syaikh Ali al-Shabuni dalam Rawa’iul Bayan menjelaskan bahwa orang tua dianjurkan untuk mendidik anaknya agar menutup aurat, khususnya perempuan, pada saat mereka berumur sepuluh tahun. Karena itu saat mereka berumur sepuluh tahun mintalah mereka untuk berhijab dan menutup auratnya.

Tapi tentunya anjuran berhijab bagi anak sepuluh tahun ini tentu bukan kewajiban, tetapi hanya untuk mendidik saja agar ketika dewasa kelak terbiasa menggunakannya. Anjuran ini dianalogikan dengan shalat.

Sebagaimana diketahui, orang tua dianjurkan menyuruh anaknya untuk shalat ketika berumur tujuh tahun. Kalau sudah sepuluh tahun tidak shalat dibolehkan memukulnya. Tentu maksud memukul di sini bukan dengan pukulan keras ataupun menyakiti, tetapi pukulan kasih sayang dan tidak menyakitkan.

Caranya bisa dimulai dengan membiasakan mereka memakai hijab yang mudah mereka pakai. Usahakan untuk memilih hijab dengan bahan yang dingin, dengan begitu aktivitas bermain mereka tidak terganggu karena merasa kepanasan meskipun mereka setiap waktu memakai hijab. Perlu juga mulai memberi pemahaman kepada anak tentang batas-batas aurat dan siapa-siapa saja yang boleh melihat aurat mereka saat berada di rumah.

Dengan pembiasaan sejak dini memakai hijab ini maka mereka tidak akan terbebani saat dewasa nanti untuk memakainya. Tentu ini menjadi harapan setiap orang tua. Jadi, tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda mulai mempertimbangkannya untuk anak perempuan Anda. Semoga mudah dalam melakukannya!

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Membiasakan Anak Menutup Aurat Sejak Dini. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sobat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Fashion Islam di postingan lain blog ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *