Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak? Ini Jawabannya!

2 min read

manfaat olahraga bagi anak anak

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang hendaknya dilakukan secara rutin. Kegiatan menyehatkan ini hendaknya dilakukan sedini mungkin, yakni sedari masih kanak-kanak. Banyak sekali manfaat olahraga bagi anak anak. Oleh karena itu, selaku orang tua yang baik, hendaknya mengajarkan anak untuk berolahraga sedini mungkin. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Yuk simak informasinya!

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat olahraga bagi anak anak yakni akan meningkatkan kesehatan tubuh. Tubuhnya akan menjadi lebih kebal dari berbagai penyakit. Aktivitas menyehatkan ini amat bagus untuk dilakukan sedini mungkin. Olahraga yang dilakukan pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan sang anak. Maksudnya yaitu aktivitas yang dilakukan bisa dengan kegiatan yang sederhana, seperti lari, bersepeda, dan sebagainya.

2. Meningkatkan Kecerdasan Sang Anak

Berdasar pada penelitian yang dilakukan seorang peneliti, olahraga akan membantu meningkatkan kecerdasan sang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang rajin berolahraga akan lebih konsentrasi dalam belajar. Selain itu, waktu sang anak pun akan lebih efektif. Hal ini sebagai salah satu bukti betapa bermanfaatnya kegiatan olahraga untuk sang anak.

BACA JUGA   Jangan Sampai Lepas Kontrol Saat Menonton Atlet Jagoan Anda Berlaga

3. Tulang Menjadi Lebih Kuat

Selanjutnya, manfaat lainnya dari kegiatan olahraga untuk anak yakni menjadikan tulang lebih kuat. Tingkat kepadatan tulangnya lebih baik ketimbang anak-anak yang tidak melakukan olahraga. Hal ini sebagai salah satu langkah agar terhindar dari osteoporosis di kala tua. Maka dari itu, olahraga di kala muda menjadi salah satu investasi di masa depan. Jenis olahraga yang bisa dilakukan yakni seperti lompat tali atau pun gerakan melompat lainnya.

4. Mencegah Terkena Obesitas

Manfaat olahraga bagi anak anak lainnya yaitu akan membantu terhindar dari obesitas. Berat badan berlebih tentunya amat menyesakkan. Selain tidak nyaman, berat badan berlebih dapat memicu ragam penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes dan sebagainya. Maka dari itu, olahraga bagi anak-anak akan membantu menurunkan risiko berat badan berlebih.

5. Meningkatkan Kinerja Jantung

Selanjutnya, akan meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih sehat dan optimal. Aktivitas olahraga akan membantu meningkatkan peredaran oksigen menuju seluruh tubuh. Selain itu, akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung kala dewasa nanti. Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung amat beragam. Di antara olahraga tersebut yakni berenang, bersepeda, sepakbola, berlari, main basket, dan sebagainya.

BACA JUGA   6 Tanda Anak Tumbuh Gigi Seri Hingga Geraham

6. Menjadikan Otot Lebih Kuat dan Koordinasi yang Baik

Selain manfaat di atas, olahraga akan menjadikan otot lebih kuat. Kekuatan otot amatlah penting untuk sang anak. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan, baik motorik halus maupun motorik kasar. Dengan berolahraga, kemampuan koordinasi sang anak akan terasah dengan baik, sehingga kemampuan kognitifnya pun akan lebih optimal. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang lebih baik.

7. Meningkatkan Daya Ingat Sang Anak

Seorang anak yang gemar berolahraga akan memiliki daya ingat yang kuat. Hal ini dikarenakan darah yang mengalir ke otak akan meningkat. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara teratur akan memperluas area otak tempat di mana tersimpannya memori. Maka dari itu, olahraga akan membantu meningkatkan daya ingat anak menjadi lebih optimal. Daya ingat yang baik amat penting sebagai dukungan kuat dalam menggapai kesuksesan sang anak.

8. Membangun Sikap Sportif dan Sikap Percaya Diri

Selanjutnya, aktivitas olahraga juga akan bermanfaat untuk membangun sikap sportif dan percaya diri. Senantiasa bersikap sportif dalam ragam pertandingan yang dilakukan. Senantiasa menghargai kemenangan maupun kekalahan dalam pertandingan. Selain itu, senantiasa bersikap percaya diri dalam menggapai prestasi. Hal ini tentunya amat menguntungkan untuk sang buah hati dalam meraih masa depan yang lebih cerah.

BACA JUGA   5 Cara Membersihkan Gigi Anak 1 Tahun yang Harus Dipahami Sejak Dini

Nah, itulah ulasan singkat terkait manfaat olahraga bagi anak anak yang bisa dicoba. Raih manfaatnya sedini mungkin guna mendapatkan tubuh yang sehat. Hal ini sebagai salah satu kesempatan yang hendaknya tidak disia-siakan.