Berikut Ini Beberapa Kaligrafi Anak SD Terbaik yang Indah

Kaligrafi bukan lagi hal asing untuk anak-anak. Beberapa lembaga menjadikan kaligrafi sebagai bidang dalam perlombaan. Tidak heran saat ini banyak ditemukan kaligrafi anak SD terbaik nan indah.

Karya dari putra-putri bangsa ini wajib untuk diberikan penghargaan terbaik. Berikut ini beberapa contoh kaligrafi anak SD yang bisa ditiru dan modifikasi. Yuk disimak!

Sekilas Tentang Kaligrafi

Sebelum melihat keindahan kaligrafi anak SD terbaik, ada baiknya untuk mengenal kaligrafi terlebih dahulu. Istilah kaligrafi muncul dari berbagai peninggalan sejarah di kerajaan Islam. Dalam bahasa Inggris, kaligrafi dikenal dengan Calligraphy yang artinya tulisan indah.

Lain halnya dalam bahasa Arab yang dikenal dengan istilah khat. Kaligrafi merupakan susunan huruf/ tulisan yang terangkai dan tersusun secara indah. Zaman yang perlahan berkembang membuat seni kaligrafi berkembang dan ikut berkembang. Kreatifitas kaligrafi juga diaplikasikan dalam batu nisan.

Kaligrafi bukan hanya sekedar tulisan indah, tapi memiliki fungsi yang sangat beragam. Dalam hal ini, kaligrafi bisa dijadikan sebagai media dakwah. Hingga saat ini banyak ditemukan kaligrafi yang menyiarkan unsur dakwah dan ibadah.

Fungsi lainnya yakni sebagai salah satu penyalur seni dan kreatifitas seseorang. Kaligrafi bisa dipadukan dengan unsur lokal yang berbau tradisional. Karya yang dihasilkan pun akan semakin unik dan indah. Tidak hanya itu, kaligrafi berfungsi sebagai penghias suatu ruang sehingga tampak lebih bernilai estetis.

Jika menilik pada Kerajaan Aceh, kaligrafi berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya surat berupa kaligrafi yang dikirimkan sang sultan pada penguasa dari negeri luar. Jadi, kaligrafi hadir bukan sebagai hiasan semata, melainkan memiliki fungsi lain yang amat berharga.

Kaligrafi Terbaik Anak SD

Seni kaligrafi perlahan dikenalkan pada anak-anak, baik tingkat dini ataupun Sekolah Dasar. Anak-anak pun perlahan mengenal seni kaligrafi ini. Banyak kaligrafi terbaik anak SD yang bahkan menjadi juara hingga tingkat nasional. Hal demikian patut mendapat apresiasi yang besar dari berbagai pihak yang ada di sekeliling.

1. Lafadz Allah

 

 

gambar mewarnai kaligrafi

Pertama, terdapat lafadz Allah yang dituliskan dalam bentuk kaligrafi. Jenis kaligrafinya pun masih sederhana. Selain itu, bisa dihiasi dengan berbagai media lainnya. Adapun contoh bentuknya yakni seperti di atas.

Gambar di atas merupakan contoh kaligrafi yang umumnya ditulis oleh anak SD. Bentuknya masih sederhana, tidak terlalu banyak hiasan. Hanya saja hiasan pinggir yang dibentuk secara simple. Kaligrafi di atas akan tampak lebih indah ketika dipoles dengan warna yang indah.

2. Bacaan Asmaul Husna ‘Ar-Rahman’

Kaligrafi Anak SD Terbaik yang Indah

Berikutnya, terdapat kalimat yang banyak dituliskan dalam bentuk kaligrafi adalah Asmaul Husna. Satu diantaranya terdapat lafadz Ar-Rahman yang artinya Maha Penyayang.

Kaligrafi di atas merupakan contoh kaligrafi anak SD terbaik lainnya yang tersaji dalam bentuk yang berbeda. Hiasan pinggirnya mengikuti lengkungan setiap huruf yang tersusun. Tulisannya tampak sederhana tapi indah, terutama ketika dihiasi dengan aneka warna yang beragam.

3. Kalimat ‘Radhiyallahu ‘anhu’

Kaligrafi Anak SD Terbaik

Kaligrafi yang banyak ditulis oleh anak SD lainnya yakni bentuk kalimat sederhana yang tidak terlalu panjang. Bentuknya berbeda dari contoh lainnya yakni tersusun dengan rangkaian yang lebih unik.

Jika dibandingkan dengan contoh sebelumnya, gambar diatas tampak lebih rumit. Namun, umumnya beberapa anak mampu melakukannya. Terlebih lagi jika ukiran tersebut dihiasi dengan polesan warna yang indah.

Nah, itulah beberapa contoh kaligrafi anak SD terbaik yang bisa ditiru dan dimodifikasi dengan hiasan lainnya yang lebih unik. Pada dasarnya seni kaligrafi bisa menjadi tempat meluapkan berbagai kreatifitas siapa pun. Hal ini patut untuk dikenalkan pada anak sedini mungkin.

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *