Inspirasi Gambar Kaligrafi yang Bagus, Cocok untuk Memperindah Rumah

gambar kaligrafi yang bagus

Memperindah rumah bisa dengan berbagai hal. Memasang pajangan di dinding bisa menjadi satu cara tepat. Bagi umat Islam, pajangan dinding berupa kaligrafi bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika bingung memilih gambar kaligrafi yang bagus untuk menjadi pajangan, coba salah satu inspirasi di bawah ini:

1. Kaligrafi Allah dan Muhammad

Inspirasi pertama jatuh kepada kaligrafi dengan tulisan Allah dan Muhammad. Jenis kaligrafi ini sangat mendasar namun tetap saja banyak yang memilih. Hal ini dikarenakan kaligrafi ini akan terus menjadi pengingat akan Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa dan rasulNya, Muhammad SAW.

Dengan adanya dua kaligrafi Allah dan Muhammad yang berdampingan sebagai pajangan, rumah akan menjadi lebih indah. Keduanya hanya terdiri dari masing-masing satu kata sehingga pajangan kaligrafi terlihat simpel. Untuk menambah kesan, pilih kaligrafi dengan warna emas atau dari kayu.

2. Kaligrafi Dua Kalimat Syahadat

Pilihan kedua adalah kaligrafi dengan tulisan dua kalimat syahadat. Umat Muslim tentunya sudah sangat familiar dengan kedua kalimat syahadat sebagai rukun Islam. Selain itu, dua kalimat syahadat adalah lambang tauhid dan keimanan seorang Muslim.

Karenanya, pilihan yang tepat untuk memilih kaligrafi berbentuk dua kalimat syahadat. Karena terdiri dari dua kalimat, kaligrafi kufi bisa menjadi pilihan. Jika menginginkan nilai estetika yang tinggi maka, kaligrafi diwani jali juga bisa menjadi alternatif.

3. Kaligrafi Asmaul Husna  (watermark)

Tentunya asmaul husna yang ada 99 ini bisa dijadikan pilihan gambar kaligrafi yang bagus. Nama-nama ini adalah nama baik Allah SWT. Tentunya ada nilai kebaikan yang dimilikinya. Kebanyakan orang memilih beberapa asmaul husna saja untuk menjadi pajangan.

Kaligrafi asmaul husna yang lengkap biasanya ditemukan di bangunan masjid. Kaligrafi ini akan dibuat mengelilingi dinding bagian atas masjid. Jika di rumah tentunya tidak ada ruang seluas masjid. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih beberapa asmaul husna yang ditulis satuan.

4. Kaligrafi Ayat Kursi

Yang tak boleh ditinggalkan dalam daftar ini adalah kaligrafi ayat kursi. Ayat mulia ini menjadi ayat yang sudah pasti dihafalkan oleh umat Muslim. Hal ini dikarenakan ayat kursi memiliki kemuliaan yang banyak.

Karenanya, pemilihan ayat kursi untuk dijadikan pajangan kaligrafi adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu, pemilik rumah bisa selalu teringat untuk membaca ayat kursi ketika melihatnya. Selain fungsi estetis, ada fungsi religiusnya juga bukan?

5. Kaligrafi Kutipan Ayat Al-Qur’an

Jika menilik lebih ayat-ayat Al-Qur’an lebih dalam, ada banyak kisah atau nasihat yang berguna untuk kehidupan. Ayat ini bisa dijadikan kaligrafi yang tentunya akan menjadi pajangan yang bagus. Referensi kisah atau ayat yang bagus tentu bisa ditemukan dengan mudah.

Karena ayat yang dipilih biasanya agak panjang maka, kaligrafi bisa dibuat dengan kufi dan diwani jali. Dengan begitu, tingkat estetika kaligrafi sebagai pajangan bisa bertambah. Juga, orang yang melihatnya bisa mengingat nasihat yang ada dalam ayat tersebut.

6. Kaligrafi Kalimat Thoyyibah

Yang terakhir adalah kaligrafi dengan tulisan kalimat thoyyibah. Kalimat-kalimat ini adalah kalimat yang baik. Umat Muslim tentu sangat dianjurkan untuk mengucapkan kalimat ini sebanyak-banyaknya.

Karenanya, menjadikan kalimat thoyyibah dalam kaligrafi menjadi ide yang bagus. Setiap orang yang melihatnya akan teringat dan mengucapkannya. Tak hanya bernilai keindahan, kaligrafi bisa memiliki nilai kebaikan pula.

Jadi, manakah inspirasi gambar kaligrafi yang bagus yang berhasil memikat hati? Tentunya semua memiliki kemuliaan masing-masing. Tinggal sesuaikan saja dengan preferensi dan keinginan masing-masing. Rumah pun terlihat indah dan damai karena dilengkapi pajangan.

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *