Ensiklopedi Tafsir Ilmi Ayat Sains Al-Qur’an

Ensiklopedi Tafsir Ilmi Ayat Sains Al-Qur’an

Tafsir Ilmi, Mengenal Ayat-ayat Sains dalam Al-Qur'an - www.ensiklopediaalquran.com

Pembahasan awal kita kali ini adalah tentang Ensiklopedi Tafsir Ilmi Ayat Sains Al-Qur’an. Pembahasan ini penting di tengah perkembangan zaman yang kian pesat saat ini dimana ajaran Islam makin mendapat ancaman serius baik dari dalam maupun luar budaya Islam itu sendiri.

Sebagaimana yang kita sadari saat ini, kemajuan zaman bukan hanya memberi pengaruh yang positif, tapi juga negatif juga banyak masuk diantara makin maju pesat dan maraknya budaya modern saat ini. Karena itu diperlukan suatu rujukan yang bersumber dari Al Qur’an yang bisa menjadi pegangan bagi muslim dalam menjalani hidup sesuai ajaran Islam.

Karena itulah hingga saat ini banyak diadakan pengajian yang bukan hanya mengaji (membaca) tapi juga mengkaji (menelaah) ayat-ayat Al-Qur’an. Diharapkan dengan pengajian dan pengkajian ayat Al-Qur’an ini bisa menjadi “pengingat” saat kita terlena dengan berbagai godaan yang ada di dunia. Namun sayangnya berbagai majelis taklim yang ada jarang membukukan hasil pembelajarannya. Proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh jama’ah dan pengajarnya hanya sebatas mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemberi materi di saat itu.

Karena itu tidak aneh jika jama’ah sering lupa dengan apa yang telah diterimanya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan suatu buku rujukan yang berkualitas yang berisi tentang pengkajian ayat Al-Qur’an sebagai media pengingat akan nilai-nilai kebesaran Allah yang bertebaran di muka bumi ini. salahsatu cara cerdasnya adalah dengan memproduksi buku Ensiklopedi Tafsir Ilmi Ayat Sains Al-Qur’an yang dilakukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang memerlukan waktu 10 tahun, hingga menghasilkan buku ensiklopedia yang berkualitas, dari segi tampilan dan isinya.

Berikut untuk detail tentang buku ini:

TAFSIR ILMI, MENGENAL AYAT-AYAT SAINS DALAM AL-QUR’ AN

Hasil Kolaborasi Antara PARA ULAMA dan PARA PAKAR SAINS

Hasil Kerjasama :

Kementerian Agama RI dengan LIPI

Spesifikasi :

  • Terdiri dari 13 Judul ( 14 Jilid )
  • 2.576 halaman
  • Ukuran 21, 5 x 28, 5cm
  • Cetak full color
  • Kertas Matt Paper 150 gr
  • Hard Cover

Menyajikan secara lengkap BERBAGAI KAJIAN SAINS MODERN YANG BERSUMBER DARI AL-QUR’ ANUL KARIM. Di sini kita dapat mentafakuri dua ayat ( tanda) sekaligus, yakni ayat-ayat Qauliyah ( Al-Qur’ an) dan ayat-ayat Kauniyah berupa bukti-bukti ilmiah di alam semesta.

Tim Penyusun :

Ketua Tim : Prof. Dr. H. Hery Harjono-LIPI

Wakil Ketua : Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA – Kemenag

Sekretaris : Prof. Dr. H. Muhammad Hisyam – LIPI

Anggota :

  • Prof. Dr. Thomas Djamaluddin – LAPAN
  • Prof. Dr. Ir. Arie Budiman, M.Sc – LIPI
  • Prof. Safwan Hadi, Ph.D – LIPI
  • Prof. Dr. H. Hamdani Anwar, MA – Kemenag
  • Prof. Dr. H. M. Darwis Hude, M.Si – Kemenag
  • Prof. Dr. H. E. Syibli Syarjaya, MM – Kemenag
  • Dr. H. Moeji Raharto – ITB
  • Prof. Dr. H. Soemanto Imamkhasani – LIPI
  • Dr. Ir. H. Hoeman Rozie Sahil – LIPI
  • Dr. Ir. M. Rahman Djuwansah – LIPI
  • Dr. Ali Akbar – UI
  • Dra. Endang Tjempakasari, M.Lib – LIPI

Staf Sekretaris :

  • H. Zarkasi, MA
  • H. Deni Hudaeny AA, MA
  • Jonni Syatri, MA
  • Muhammad Musadad, S.Th.I
  • Muhammad Fatichuddin, S.S.I
BACA JUGA   Korelasi Antara Agama Islam dan Sains dalam Tafsir Ilmi

Bagi orang tua, mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi shalih yang kokoh di segala sisi, baik iptek maupun imtaq nya adalah pekerjaan orang tua yang bijak dan mulia.

Buku ini merupakan sarana bagi orang tua dalam menjalin komunikasi dan keakraban dengan anak dan juga untuk membekali anak-anak dengan ilmu dan iman sejak dini.

Bagi para pelajar buku ini dapat mengembangkan wawasan keilmuwannya secara seimbang dengan menyadari kebesaran Allah SWT, atas setiap ilmu yang dipelajari. Dan itu adalah merupakan salah satu karakteristik keluarga muslim.

TERDIRI DARI 14 JILID:

JILID 1 : PENCIPTAAN MANUSIA

“ Bagaimana asal mula kehidupan ? Seperti proses penciptaan manusia dan hubungan mereka dengan alam raya? . Buku ini akan membahasnya secara lengkap, didukung oleh dalil-dalil dari Al-Qur’ an dan kajian sains modern.”

JILID 2 : KISAH PARA NABI PRA IBRAHIM

“ Sejarah hidup Nabi Adam as, Nabi Idris as, Nabi Nuh as, Nabi Hud as dan Nabi Shalih as akan dibahas secara lengkap disini, juga sejarah kota tua Iram dan Al Ahqaf. Selain didukung oleh ayat-ayat Al-Qur’ an, buku ini menyajikan bukti-bukti arkeologi dari para ilmuwan. Sangat berguna sebagai wawasan sejarah kita.”

JILID 3 : SEKSUALITAS

“ Seksualitas bukan perkara tabu dalam Islam, selagi dibahas secara proporsional, terhormat serta penuh adab dan kesopanan. Buku ini menyajikan secara lengkap hal-hal terkait seks dalam Islam dengan penjelasan yang lugas dan gamblang. Penting untuk dibaca.”

JILID 4 : TUMBUHAN

“ Ingin tahu kehebatan dan keajaiban buah delima, buah Zaitun dan buah Tin? . Buah dan tumbuhan apa saja yang tersebut dalam Al-Qur’ an? . Dengan membaca buku ini, anda akan menemukan informasi lengkap tentang buah-buahan, sayur, sayuran dan pohon-pohonan yang dibingkai dengan ilmu Al-Qur’ an.

JILID 5 : HEWAN ( 1)

“ Tahukan anda, ada berapa jenis hewan yang disebutkan dalam Al-Qur’ an ? . Buku ini menyajikan informasi lengkap tentang dunia hewan, mulai dari hewan amfibi, mamalia, burung, serangga hingga laba-laba dan hewan liar. Layaknya sebuah ensiklopedi yang dapat memperkaya iman” .

JILID 6 : HEWAN ( 2)

“ Buku ini menyambung petualangan kita di buku 5 sebelumnya . Selain menyajikan fenomena kehidupan dunia laba-laba , ikan, hewan ternak dan hewan liar, kita bisa menambah wawasan penting seputar keunikan perikehidupan hewan seperti migrasi, sistem komunikasi dan pola simbiosis mereka. Suatu pesona mukjizat sains Al-Qur’ an dalam dunia fauna yang kaya” .

JUILID 7 : PENCIPTAAN JAGAD RAYA

“ Adakah kehidupan di luar Planet Bumi? . Anda akan menemukan jawabannya dalam buku ini. Pembahasan tentang penciptaan alam semesta dalam enam masa, struktur tujuh lapis langit dan rahasia pergantian waktu siang dan malam, semuanya dapat kita temukan di sini, sesuai dengan pandangan Al-Qur’ an.”

JILID 8 : PENCIPTAAN BUMI

“ Bumi tempat kita berpijak ternyata tidak sesederhana seperti yang kita lihat. Buku ini mengajak anda untuk mengetahui proses penciptaan dalam dua masa, proses geologi dan hidrologi, hakikat bumi yang dinamis hingga pembahasan tentang samudera, lautan dan cuaca. Sebuah wawasan keilmuan yang dapat menambah keimanan bagi kita.”

BACA JUGA   Rahasia Haji dan Umrah Imam Ghazali

JILID 9 : MANFAAT BENDA LANGIT

“ Benda-benda luar angkasa seakan-akan tidak berkaitan erat dengan kehidupan kita, namun Allah SWT banyak mengungkapkan nya dalam Al-Qur’ an. Dengan menyimak buku ini, Anda akan memahami fungsi matahari, bulan, planet, meteor, bintang dan gugusan bintang, di luar apa yang kita bayangkan. Sangat menarik untuk dibaca.”

JILID10 : SAMUDERA

“ Bagaimana samudera di ciptakan? Energi apa saja yang dikandung oleh lautan? Bagaimanakah kita dapat memahami El Nino, La Nina dan Tsunami? Buku ini akan menyajikan jawaban-jawabannya bagi anda, tentu dalam dimensi Al-qur’ an yang mencerahkan.”

JILID 11 : AIR

“ Air adalah sumber kehidupan. Buku ini menyajikan secara terperinci kepada anda segala hal tentang air, mulai dari sirkulasi air di bumi, berbagai bencana akibat air hingga krisis air global, dan bagaimana Al-Qur’ an telah menyebutkan semua itu. Sangat penting untuk ditelaah.”

JILID 12 : MAKANAN DAN MINUMAN

“ Pola makan manusia menjadi pembahasan yang seakan tidak pernah habis-habisnya. Sebenarnya, seperti apakah makanan yang sehat? Bagaimanakah diet yang praktis? Dan bahan makanan apa saja yang membahayakan kesehatan? Dengan bingkai Al-Qur’ an, buku ini akan mengupas tuntas berbagai hal tentang makanan dan minuman. Sangat menarik untuk dibaca.”

JILID 13 : WAKTU

“ Waktu adalah kehidupan. Waktu juga bersifat relatif. Dalam buku ini anda akan menemukan hakikat waktu dalam kisah Isra-Mikraj, Kisah Nabi Sulaiman dan Kisah Ashabul Kahfi.”

JILID 14 : KIAMAT

“ Hari Kiamat pasti akan terjadi dan kita wajib beriman dengannya. Namun mampukah sains modern membuktikan kebenaran kiamat? Bagaimanakah kondisi langit dan bumi pada hari Kiamat? Simaklah segala hal tentang hari Kiamat di buku ini.”

HARGA TAFSIR ILMI AYAT SAINS AL-QUR’AN

Harga Tafsir Ilmi Ayat Sains Al Quran Rp 3.400.000 (diskon lagi 400.000 ribu untuk pembelian secara tunai)

Untuk info tentang:

  • Cara pembelian (secara Tunai dan Angsuran)
  • Penjelasan detail tentang buku, dan
  • Harga promo khusus pembelian Tunai

Silahkan menghubungi kontak kami:

0857 11494600 (WA/ Sms)

0822 3000 3636 (Call)

Atau cukup dengan klik dibawah ini:

Kontak Kami via WA

Kontak Kami via WA

Atau

Kontak Kami via SMS

Kontak Kami via SMS

Atau

Kontak Kami via Telpon

Kontak Kami via Telpon

Buku ini memang dibuat dengan kualitas yang bagus, sehingga para pemiliknya nanti tidak bosan-bosan untuk membacanya. Dengan membaca sebagian bahkan keseluruhan buku ini diharapkan ia bisa mengambil hikmah bahwa sebenarnya Islam adalah agama yang sempurna. Dimana bukti kesempurnaannya adalah bisa dilihat dari seluruh ciptaan yang ada di dunia ini semua proses, detail dan penjelasannya terdapat dalam Al-Qur’an. Karena itulah buku ensiklopedia mengenai berbagai ayat sains dalam Al-Qur’an ini penting untuk dimiliki setiap keluarga muslim untuk bacaan berkualitas di rumah bagi semua anggota keluarga. Itulah pembahasan kita kali ini tentang Ensiklopedi Tafsir Ilmi Ayat Sains Al-Qur’an.

Sumber: Tafsir Ilmi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *