Dukungan Keluarga Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam

Dukungan Keluarga Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam

AnakIslam.com – Dukungan Keluarga Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam. Tidak semua keluarga menginginkan anaknya mendapatkan porsi pendidikan agama yang cukup. Masih banyak keluarga yang menginginkan anaknya mengikuti sekolah anak-anak pada umumnya, seperti tetangga sekitarnya, padahal salahsatu orang yang paling dekat dengan sang anak sangat menginginkan sebaliknya, anak-anak mereka mempunyai bekal ilmu agama yang cukup.

Fenomena itu bisa ditemui seperti curhatan seorang Ibu di grup parenting media sebuah social sebagai berikut,

“Assalamualaikum..

Maaf sebelumnya saya ingin minta saran nasehat atau apalah itu pokoknya lagi bimbang..

Saya punya anak perempuan usianya 3.5 tahun  sebentar lagi masuk PAUD..

Semenjak dalam kandungan saya udah merencanakan ingin memulai pendidikan anak dari RA / TK Islam bukan TK dan lanjut ke MI / SD Islam bukan SD umum terus lanjut ke Madrasah Aliyah bukan SMP .. Pikirku dengan dia sekolah di situ akan dapat ilmu agama yang lebih banyak daripada sekolah umum..

Tapi kondisinya. Untuk sekolah yang aku inginkan itu jaraknya lumayan jauh sedangkan untuk sekolah umum jaraknya gak jauh jauh amat..

Jadi dilema.. Ingin hati anak ku bisa sekolah berbasis islam biar gak awam-awam sekali tentang agamanya seperti ortunya.. Tapi di sisi jarak yang lumayan jauh, maka keluarga tidak mendukung… Katanya lebih baik di sekolah umum saja gausah beda dari yang lain.. Para tetangga aja anaknya sekolah di skolah umum masak anakku di sekolahin yang jauh.. 

Sekarang bingung aku.. Gimana .. Mohon solusinya..

Aku gak gengsi gengsian tapi aku benar-benar ingin mengejar agamanya. Seperti yang kita ketahui di sekolah umum belajar agamanya hanya sebatas itu, dan kita tidak bisa menyalahkan karena itu memang SD umum, tertu porsi palajaran umumnya lebih banyak. Berbeda dengan sekolah MI / SD Islam ada banyak macam seperti aqidah akhlah, fikih, qur’an hadist, Sejarah kebudayaan islam dan masih banyak lagi..

Aku bingung tetap lanjut dengan keinginanku atau mundur dan menyekolahkan anak di sekolah umum saja. Tapi dalam hati terasa berat, ditambah lagi tidak ada dukungan sama sekali baik dari suami ataupun keluarga yang lainnya.”

Itu  adalah curhatan seorang Ibu yang ingin anaknya mendapatkan pelajaran agama yang banyak di sekolah Islam, tapi tidak mendapat dukungan dari keluarganya, karena alasan selain jaraknya jauh juga kebanyakan anak-anak tetangganya sekolah di sekolah terdekat dari mereka.

Memang hal ini bisa terjadi di setiap keluarga, maka perlu Dukungan Keluarga Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam agar anak-anak mereka mendapatkan porsi ilmu agama yang cukup. Tapi jika memang kenyataanya seperti itu mungkin solusi yang bisa diambil adalah dengan tetap menyekolahkan anak di sekolah umum, tapi menambahkan lagi belajar ilmu agama di sore harinya di tempat-tempat belajar agama, seperti TPA, tapi ini biasanya hanya mengajari cara menulis dan membaca Al Quran.

Semoga artikel ini bisa menjawab permasalahan di keluarga tentang Dukungan Keluarga Menyekolahkan Anak ke Sekolah Islam. Yang harus dipahami oleh semua keluarga muslim adalah selain ilmu umum, ilmu agama juga penting bagi bekal hidup anak kita kelak.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *