Dimana Bisa Terjadi Bullying ? Dimana Saja !

Dimana Bisa Terjadi Bullying

AnakIslam.com – Dimana Bisa Terjadi Bullying. Pembahasan kita kali ini adalah tentang bullying, karena hal ini sudah banyak terjadi di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia. Tidak hanya di pesantren, tapi juga di sekolah umum sebagus apapun itu. Jadi coba kita untuk secara obyektif menilai setiap lembaga pendidikan yang ada di sekitar kita.

Keengganan Orang Tua Memondokkan Anak

Salah satu lembaga pendidikan yang ada di Indonesia adalah pesantren. Lembaga ini lebih mengkhususkan pendidikannya pada agama. Belakangan ini banyak orang tua yang takut untuk memondokkan anaknya, disebabkan oleh terjadinya bullying di pesantren yang hingga menyebabkan korbannya meninggal. Para orang tua merasa lebih aman untuk menyekolahkan anaknya di sekolah umum. Padahal bullying sejatinya bisa terjadi dimana saja, lembaga apapapun, agama apapun dan negara apapun. Karena bullying berasal dari sifat manusia yang ingin diakui lebih kuat dari yang lainnya.

Bullying di Pesantren

Telah terjadi beberapa kasus bullying yang membuat sebagian orang tua di Indonesia merasa enggan untuk memondokkan anaknya. Padahal prilaku bullying dan kekerasan bisa terjadi dimana saja.

Jika bullying dan kekerasan terjadi di pesantren, bisa jadi ini karena kurangnya pengawasan, atau memang pelaku yang sengaja melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Di pesantren sebagaimana sekolah umum, peserta didiknya juga masih usia anak-anak yang masih labil, jadi setidaknya orang tua melihat hal ini, sebagaimana melihat saat bullying dan kekerasan terjadi di sekolah umum.

Bullying di Sekolah Umum

Di sekolah umum kesempatan untuk seseorang melakukan bullying sangat terbuka lebar. Kita pasti sudah mendengar beberapa kali terjadi berita bullying di sekolah umum berbagai jenjang. Bahkan bukan hanya itu, perkelahian dan tawuran juga kerap terjadi di sekolah umum yang disebabkan awalnya oleh anak didik yang sering membolos saat pelajaran sedang berlangsung. Tentu ini disebabkan juga karena kurangnya pengawasan dari sekolah kepada siswa di saat pelajaran berlangsung.

Itulah pembahasan kita tentang Dimana Bisa Terjadi Bullying. Kesimpulannya adalah bahwa bullying bisa terjadi dimana saja, karena itu adalah timbul dari individu karena adanya niat dan kesempatan. Maka sebaiknya sebagai orang tua untuk lebih proporsional dalam memandang apa yang terjadi di pesantren dan sekolah umum.

Sebaiknya kita tetap obyektik melihat bahwa pesantren juga lembaga pendidikan yang masih terus berbenah. Jadi kelalaian dan kesalahan juga bisa terjadi sebagaimana yang biasa terjadi di lembaga pendidikan lainnya, misalnya sekolah atau universitas.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *