6 Cara Merawat Bayi Baru Lahir agar Cepat Gemuk Mudah Dilakukan

1 min read

cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk

Ketika bayi  lahir, 5 sampai 7 hari pertama mereka akan mengalami penurunan berat badan. Bagi sebagian orang tua ini dianggap sebagai hal normal, namun tidak bagi yang lain. Masih banyak orangtua yang menginginkan agar bayi mereka tetap gemuk. Semua setuju bahwa bayi gemuk sangatlah menggemaskan. Kenaikan berat badan bayi umumnya bisa sedikit sulit. Berikut ini akan dijelaskan 6 cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk:

1. Memberikan ASI Eksklusif

ASI eksklusif merupakan nutrisi terbaik yang bisa diberikan untuk buah hati. ASI juga bisa meningkatkan antibodi bayi dan mencegah terjadinya stunting. Tak hanya menambah berat badan, ASI juga bisa membuat bayi tumbuh lebih cerdas dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI.  Ada beberapa ibu yang mungkin tidak bisa menyusui anak mereka dan menggantinya dengan susu formula. Namun jika memungkinkan, berilah buah hati hingga mereka berumur dua tahun.

BACA JUGA   Kenali 5 Jenis KB dan Efek Sampingnya, Jangan Salah Pilih!

2. Memilih Susu Formula yang Sesuai

Tak semua bayi beruntung bisa lahir dengan keadaan normal. Beberapa bayi lahir dengan kondisi dimana mereka tidak bisa mencerna ASI yang diberikan oleh sang ibu. Saat hal seperti ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan menyarankan susu apa yang bisa dikonsumsi oleh bayi. Tak hanya itu, ibu juga harus memperhatikan apakah si bayi memiliki alergi terhadap jenis susu sapi dan susu lainnya. Jika masih di awal masa-masa kelahiran, jangan diberikan susu formula terlalu sering.

3. Jangan Memberi Makan Berlebihan

Wajar jika orangtua menginginkan bayi melahap makanan banyak. Namun jika bayi sudah selesai makan dan tidak ingin melanjutkannya, maka biarkan dia berhenti. Jika dokter mengatakan bahwa bayi kekurangan berat badan dan perlu makan lebih banyak, itu lain kasus dan harus berbicara dengan dokter tentang apa yang harus dilakukan. Tetapi jika bayi  sehat, ketika dia mengatakan dia sudah selesai, dia sudah selesai.

BACA JUGA   5 Stimulasi Bayi 6 Bulan, Baik Untuk Perkembangan Si Kecil

4. Berikan Makanan Padat yang Sehat

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang selanjutnya adalah dengan memberikan mereka makanan padat yang sehat. Setelah bayi mulai bisa mengunyah, berikan dia buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak. Bayi akan mencoba makan apapun. Gunakan momentum ini sebelum mereka menjadi pilih-pilih  terhadap makanan yang ingin mereka makan.

5. Mulailah Makan Keluarga Lebih Awal

Segera setelah bayi sudah bisa duduk di kursi tinggi, bawa dia ke meja untuk makan bersama. Anak-anak yang makan bersama orang tuanya cenderung lebih lahap. Makan malam keluarga membantu membangun hubungan yang kuat dan membantu anak-anak berhasil di sekolah. Biasakan sejak dini. Tidak hanya baik untuk bayi, tetapi membangun kebiasaan makan keluarga membantu semua orang  – terutama jika itu memacu keluarga untuk memasak makanan sehat.

6. Ajari Bayi Bergerak

Latihan gerak harus dimulai sejak dini. Turun ke lantai bersama mereka. Buat tempat yang aman bagi mereka untuk merangkak dan belajar berjalan dan berlari. Ajak mereka jalan-jalan, dan setelah mereka bisa berjalan, pastikan mereka juga berlari. Jika orang tua menjadikan permainan aktif dan olahraga keluarga sebagai bagian normal setiap hari, hal itu tidak hanya membantu bayi mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, tetapi juga membuat mereka lebih aktif sebagai anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

BACA JUGA   5 Tips agar ASI Melimpah yang Bisa Diterapkan Para Ibu

Nah, itulah tadi 6 cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk. Bayi yang gemuk menandakan bahwa bayi tersebut sehat dan bisa meningkatkan kebahagiaan bagi orang tua. Agar perkembangannya lebih baik, orang tua juga harus memberi bayi kasih sayang yang cukup serta menyediakan mereka lingkungan yang positif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *