Inilah Cara Menyusui Agar Tidak Lecet dan Sakit

1 min read

cara menyusui agar tidak lecet dan sakit

Menyusui atau memberikan ASI kepada anak tentu merupakan hal yang wajib dilakukan seorang ibu sehabis melahirkan. Jika baru pertama kali memberikan ASI kepada seorang anak, ibu akan merasakan sakit. Untuk menghindari hal tersebut, bisa mengikuti beberapa cara menyusui agar tidak lecet dan sakit bagi seorang ibu.

Ketika sudah merasa sakit dan lecet, payudara akan terlihat bengkak sehingga bisa menyebabkan ASI tidak lancar. Hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab seperti posisi bayi pada saat menyusui tidak benar. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara menyusui agar tidak lecet dan sakit.

1. Posisi Menyusui Harus Nyaman

Hal yang dilakukan agar tidak merasa sakit saat menyusui adalah harus memastikan posisi menyusui terasa nyaman. Dilakukannya tujuan supaya bayi bisa menghisap puting payudara dengan mudah sehingga tidak terasa sakit. Ada juga alat bantu yang bisa digunakan ibu berupa bantal agar bisa menopang tubuh bayi dan bisa lebih mudah untuk mendapat ASI.

2. Kulit Payudara Usahakan Tetap Sehat

Untuk menjaga agar kulit payudara tetap sehat, seorang ibu harus merawatnya dengan cara yang mudah. Caranya adalah dengan membersihkan atau mencuci payudara menggunakan air yang masih hangat. Selain itu, jangan menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia bersifat keras. Tidak lain tujuannya adalah agar kulit payudara tidak mudah kering.

3. Lembutkan Payudara

Sebelum menyusui, seorang ibu terlebih dahulu harus melembutkan payudara. Tujuan dari melembutkan payudara agar mudah melekatkan bayi saat sedang meminum ASI. Selain itu, ibu wajib mengeluarkan sedikit air susu untuk meredakan sesak pada bagian payudara. Apabila payudara sudah lembut maka mulut bayi bisa lebih mudah melekat pada payudara.

4. Berikan ASI Setiap 2 Hingga 3 Jam

Untuk bayi baru lahir tentu memiliki perut yang berukuran kecil. Keadaan perut yang kecil ini menyebabkan bayi dapat mencerna ASI dengan mudah dan cepat. Olehnya itu, seorang ibu harus memberikan ASI setiap 2 hingga 3 jam karena anak mudah lapar. Selain itu, jika ibu tidak memberi ASI dalam jangka waktu yang lama maka payudara semakin membesar.

5. Selalu Berhati-Hati Pada Saat Melepaskan Bayi

Jika bayi sudah selesai menyusui maka ibu harus melepaskan antara mulut bayi dan payudara dengan hati-hati. Cara menyusui agar tidak lecet dan sakit ini memang salah satu cara ampuh untuk para ibu. Seorang ibu harus menempatkan jari di mulut bayi dan lepaskan secara perlahan agar tidak menimbulkan rasa sakit pada payudara.

6. Bisa Menggunakan Pompa Payudara

Pompa payudara digunakan apabila terjadi pembengkakan pada payudara. Tujuannya tidak lain agar dapat meningkatkan pasokan ASI. Bukan hanya itu, pompa dapat juga menghilangkan atau meredakan pembengkakan yang terjadi. Tidak lupa pula menggunakan lensa sebagai pelindung pompa. Namun saat memilih pelindung sebaiknya memilih pelindung yang tepat.

7. Memberikan ASI di Tempat Tidur

Menyusui di tempat tidur tentu terasa lebih nyaman dibanding tempat lainnya seperti sofa. Ibu bisa setengah berbaring sambil menyusui sang bayi. Tidak lupa pula memberikan bantal untuk menyangga kepala maupun punggung sang bayi agar merasa nyaman. Cara ini pun menjadi salah satu cara agar ASI bisa keluar dengan lancar dan mudah dihisap bayi.

Inilah beberapa penjelasan terkait cara menyusui agar tidak lecet dan sakit yang wajib diketahui. Cara yang dilakukan pun cukup mudah seperti menciptakan posisi nyaman untuk menyusui. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah menyusui di tempat tidur dengan posisi setengah berbaring. Bayi pun bisa dengan mudah menghisap ASI yang diberikan.

 

Baca artikel bermanfaat lainnya di AnakIslam.com