cara mengatasi biang keringat pada anak

9 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak Dijamin Aman

Posted by

Indonesia termasuk salah satu negara Asia yang dapat dikatakan negara tropis. Musim panas pada siang hari bisa menimbulkan ruam pada anak. Oleh karena itu, maka para orangtua harus memahami bagaimana cara mengatasi biang keringat pada anak. Pada umumnya ruam bisa disembuhkan menggunakan beberapa obat herbal.

Hal tersebut muncul karena sempitnya bagian pada kelenjar keringat hingga kulit. Pada dasarnya, biang keringat mungkin terjadi pada anak berusia 1-18 tahun. Jika hal itu terjadi, maka ruam ini akan langsung menyerang khususnya permukaan kulit. Akibatnya, bagian kulit anak tidak dapat menyerap keringat yang ada di tubuh. Tahapan mengatasinya, diantara lain:

1. Memindahkan Ke Tempat Dingin

Cuaca terik yang dihasilkan matahari bisa membuat anak terkena penyakit ruam kulit. Ketika terkena ruam, maka orangtua harus mengetahui cara mengatasi biang keringat pada anak dengan memindahkannya ke tempat dingin. Agar penyakit ruang dapat berkurang, maka orang tua dapat mengaktifkan air conditioner serta kipas angin.

BACA JUGA   Cara Mengatasi Bintitan di Mata Anak

2. Membuat Kulit Agar Tetap Kering

Kulit basah atau lembab dapat menjadi penyebab munculnya biang keringat pada anak. Jika orangtua berkeinginan anaknya terbebas dari sakit gatal. Tentu, orangtua dapat merawat agar anak tetap dalam keadaan yang tidak lembab. Biasanya, solusi untuk mengeringkan keringat pada bagian tubuh anak adalah dengan membersihkan handuk yang lembab.

3. Mengaplikasikan Bedak

Obat ini dapat diandalkan menjadi salah satu alternatif ketika sang buah hati ingin terhindar dari ruam. Orangtua dapat langsung menaburkan bedak pada beberapa bagian yang mengalami ruam kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan. Dengan mengaplikasikan bedak, lama kelamaan sakit ruam akan berkurang. Sebelumnya, orangtua harus memperhatikan agar buah hati tetap kering dan tidak lembab.

4. Memakaikan Baju Yang Menyerap Keringat

Baju yang nyaman sering kali menghindari anak dari penyakit ruam atau gatal. Maka, para orangtua harus memakaikan baju senyaman mungkin. Dengan begitu keringat tidak akan bercucuran, melainkan dapat diserap oleh baju. Pada umumnya, orangtua dapat memberikan pakaian yang longgar berguna agar keringat bisa terserap dengan baik.

5. Mengoleskan Minyak

Minyak merupakan salah satu bahan yang bisa mengurangi ruam pada anak. Menurut penelitian, minyak dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Pada umumnya, minyak ini berguna untuk mengontrol minyak berlebihan pada kulit. Solusinya, bisa menggunakan lidah buaya dengan mengambil bagian gel dan dapat memberikannya pada bagian yang terkena ruam.

BACA JUGA   Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Anak Anak? Ini Jawabannya!

 6. Menggunakan Lidah Buaya

Obat herbal ini terkenal karena khasiatnya yang luar biasa, obat ini dapat mengurangi rasa sakit pada biang keringat. Lidah buaya merupakan bahan alami yang dapat mengurangi bagian yang mengalami sakit ruam.  Para orangtua bisa langsung menggunakan gel lidah buaya pada bagian kulit ruam dan bisa menggunakannya setiap hari.

7. Memakai Gandum

Gandum atau Oatmeal adalah bahan alami yang bisa mengurangi ruam akibat sakit biang keringat. Solusinya orangtua dapat menggunakan oatmeal sebagai masker. Biasanya dapat langsung menambahkan oatmeal serta air ke tempatnya. Kemudian bisa mengaduknya sampai rata dan bisa langsung memberikan masker oatmeal ke kulit anak.

8. Menggunakan Soda Kue

Soda kue biasanya digunakan sebagai bahan memasak, selain itu dapat memberikan ketenangan pada kulit yang gatal. Pertama, bisa menambahkan 3-5 sendok makan soda kue pada air hangat. Selanjutnya, bisa merendam adonan selama 20 menit saja. Kemudian orangtua sudah dapat langsung mengoleskan pada kulit anak.

 9. Menggunakan Kayu Cendana

Beberapa peneliti tentu mengatakan bubuk kayu ini mempunyai banyak zat di dalamnya. Contohnya seperti bagian anti inflamasi serta analgesik biasanya bisa menghilangkan rasa ruam akibat gatal pada kulit. Solusinya dapat mencampurkan bubuk kayu cendana serta air di wadahnya lalu rasa sakit ruam akan mulai menghilang.

BACA JUGA   5 Tanda Anak Sembuh Dari Demam, Orangtua Wajib Tahu!

Penyakit ini bisa terjadi karena adanya udara panas dari matahari sehingga dapat menyebabkan munculnya ruam.  Tetapi orangtua harus tetap mengetahui bagaimana cara mengatasi biang keringat pada anak. Dengan memahami berbagai caranya, maka orangtua tidak perlu panik. Melainkan dapat langsung mengikuti cara-cara diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *