Cara Mengatasi Baby Blues Paling Ampuh

2 min read

cara mengatasi baby blues

Sekarang  ini banyak kasus seorang ibu membunuh anak kandungnya sendiri, padahal anak tersebut masih balita. Salah satu penyebab dari pembunuhan terhadap anak kandung tersebut adalah sindrom baby blues. Mungkin banyak disini yang masih bertanya-tanya tentang apa itu sindrom baby blues. Perlu diketahui bahwa baby blues adalah perasaan takut, cemas dan khawatir secara berlebihan yang dialami oleh seorang perempuan  yang baru saja melahirkan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi baby blues paling ampuh dan wajib untuk dicoba:

1. Tidur Cukup

Waktu tidur seorang perempuan yang baru saja melahirkan pasti akan berkurang. Hal tersebut dikarenakan, seorang ibu harus selalu menjaga bayinya. Bayi yang baru lahir sering sekali menangis pada malam hari. Hal tersebutlah yang membuat jam tidur si ibu menjadi berkurang. Karena waktu tidur berkurang, banyak efek-efek negatif  yang timbul pada seorang ibu.

Salah satu efek negatif yang timbul adalah sindrom baby blues. Jadi untuk mencegah timbulnya syndrome baby blue, para ibu dianjurkan untuk selalu tidur yang cukup. Pada saat si anak tidur, alangkah baiknya si ibu juga ikut tidur.

BACA JUGA   5 Rekomendasi Model Gendongan Bayi Terbaik

2. Makan Makanan Favorit

Cara mengatasi baby blues yang selanjutnya adalah selalu melakukan hal-hal yang disukai, salah satunya adalah  memakan makanan yang disukai. Mengurus bayi memang sangat melelahkan, rasa lelah yang terus menerus akan membuat si ibu menjadi stress. Untuk menghindari stress yang nantinya bisa memicu baby blues, maka si ibu harus bisa meluangkan waktunya untuk melakukan hal-hal yang disukai, salah satunya adalah memakan makanan favorit.

Jadi saat si ibu lelah, tidak ada salahnya jika langsung menyantap makanan kesukaan. Memakan makanan kesukaan, nantinya akan dapat memberikan energy positif pada tubuh. Tidak hanya itu saja, memakan makanan kesukaan juga dapat membuat pikiran dan hati menjadi senang.

3. Meminta Bantuan dan Menerima Bantuan

Perlu diketahui bahwa tugas seorang ibu tidak hanya mengurus bayinya saja. Seorang ibu juga harus mengurus suami dan harus menyelesaikan pekerjaan rumah. Untuk menyelesaikan itu semua, alangkah baiknya seorang ibu harus meminta bantuan sanak saudara ataupun asisten rumah tangga.

BACA JUGA   5 Cara Merawat Bayi Prematur yang Orangtua Wajib Tahu

Dengan adanya bantuan dari sanak saudara ataupun asisten rumah tangga, si ibu akan bisa memiliki waktu istirahat yang cukup. Karena jika si ibu terlalu lelah, maka si ibu akan sangat mudah mengalami stress. Untuk itu, mintalah asisten rumah tangga untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Meminta bantuan sanak saudara ataupun asisten rumah tangga merupakan salah satu cara mengatasi baby blues yang wajib dilakukan.

4. Berusaha untuk Tidak Membebani Diri Sendiri

Perlu diingat untuk para ibu yang mempunyai anak bayi, janganlah memaksakan diri untuk selalu mengerjakan dan menyelesaikan semuanya sendirian. Jagalah badan, hati dan pikiran agar tetap tenang. Jadi kerjakanlah pekerjaan yang sanggup untuk dikerjakan.

Jika badan merasa lelah, maka tinggalkan saja pekerjaan rumah yang menumpuk tersebut. Si ibu hanya perlu fokus dalam merawat si buah hati. Jika dipaksakan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan rumah, maka nantinya si ibu akan kurang maksimal dalam menjaga dan merawat si bayi.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik

Salah satu cara mengatasi baby blues adalah dengan menjalin komunikasi yang baik antara suami, istri, mertua dan orang tua. Jadi saat masa kehamilan sampai melahirkan, komunikasi harus dijalin dengan baik. Jika tidak ada komunikasi yang baik, maka akan menimbulkan efek buruk bagi ibu ataupun bagi anak.

BACA JUGA   6 Tanda Anak Alergi Susu Sapi-Bisa Sebabkan Kematian!

Jika ada sesuatu yang mengganjal di hati, maka langsung saja cerita kepada suami. Dengan begitu, hati dan pikiran akan merasa tenang dan lega. Sesuatu yang dipendam terus menerus nantinya akan dapat membuat hati dan pikiran menjadi gelisah. Rasa gelisah tersebut yang nantinya dapat memicu stress.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara-cara mengatasi baby blues pada seorang ibu. Berikan perhatian lebih kepada ibu yang baru melahirkan. Hal tersebut nantinya bisa memberikan efek positif terhadap si ibu dan si bayi.