Strategi dan Cara Mengatasi Anak GTM yang Mudah Dilakukan

1 min read

cara mengatasi anak GTM

Banyak orangtua mengeluh ketika anak melakukan Gerakan Tutup Mulut atau sering dikenal dengan istilah GTM. Namun sebenarnya terdapat strategi dan bagaimana cara mengatasi anak GTM tepat agar dapat membuat nafsu makan anak membaik lagi. Berikut akan diulas informasi selengkapnya mengenai langkah yang mampu membantu untuk mengatasi anak yang sedang susah makan:

1. Cari Apa yang Membuat Anak Melakukan GTM

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan GTM pada anak dan seringkali penyebab GTM untuk setiap anak itu tidaklah sama. Maka dari itu, orang tua hendaknya tanggap untuk mencari tahu apa yang membuat anak melakukan GTM. Ketika anak sedang atau dalam kondisi sakit misalnya sariawan, juga dapat memicu timbulnya sikap GTM pada anak.

Selain itu, trauma pada makanan juga dapat menjadi penyebab GTM yang perlu diperhatikan dengan baik. Maka dari itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengenali GTM yang terjadi pada anak. Jangan sampai memaksa anak untuk membuka mulutnya, sebab hal tersebut dapat memicu rasa trauma.

BACA JUGA   Bagaimana Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi ?

2. Tentukan Jadwal Makan yang Tepat

Cara mengatasi anak GTM dapat dilakukan dengan menciptakan waktu makan yang disiplin. Misalnya sarapan pada pukul 8 kemudian makan siang pukul 12 dan makan malam pukul 7 malam. Jika ini dilakukan, anak akan merasa terbiasa dengan keadaan tersebut sehingga dapat menciptakan kebiasaan bagi si kecil.

Selain itu, orang tua dapat membatasi waktu anak untuk melakukan kegiatan makannya. Misalnya waktu makan anak tidak lebih dari 45 menit. Pasalnya, jika kegiatan makan berlangsung dalam waktu yang lama, anak yang sedang makan akan cepat bosan dan seringkali menurunkan nafsu makan pada si kecil.

3.  Ciptakan Suasana Menyenangkan

Langkah berikutnya bagaimana cara mengatasi anak GTM yang dapat dijadikan strategi bagi orangtua yaitu dengan mengajak anak dalam proses membuat makanan atau memasak. Melakukan kegiatan ini akan menciptakan perasaan senang dan semangat. Lebih lagi saat membuat makanan yang awalnya berupa bahan mentah yang dimasak, sehingga makanan yang lezat pun dihidangkan.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Anak Menangis Histeris, Dijamin Ampuh

4. Jangan Mencekoki Anak Menggunakan Paksaan

Memaksa atau mencekoki anak agar makan adalah salah satu hal yang perlu dihindari oleh orangtua. Hal tersebut dapat menyebabkan anak menjadi tidak bernafsu untuk makan. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat mood anak menjadi tidak baik. Selain itu, hal ini juga dapat menjadikan kegiatan makan merupakan hal terburuk bagi anak.

Untuk mengatasi hal tersebut, orangtua dapat menghentikan dahulu kegiatan makan si kecil kemudian setelah beberapa menit coba kembali kepada anak. Ulangi hal ini agar anak menghabiskan makanan dan jika dilakukan berulang anak akan terbiasa dan terlatih dengan rasa kenyang.

5. Buat Sajian Makanan yang Unik dan Kreatif

Banyak anak-anak yang sering merasa cepat bosan dengan rasa atau bentuk sajian makanan yang sama setiap harinya sehingga anak lebih memilih untuk GTM. Jika ingin mengatasi hal tersebut, salah satu cara mengatasi anak GTM yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat variasi makanan yang menarik. Cobalah sesekali untuk mendekor sajian makanan dengan bahan makanan yang sehat namun terlihat segar, seperti dengan menggunakan sayuran.

BACA JUGA   7 Permainan Anak Kecil Yang Mendidik Untuk Buah Hati Tercinta

Kebiasaan yang dapat membuat anak cepat kenyang yaitu dengan memberikan makanan cemilan, hanya akan membuat anak akan cepat merasa tidak lapar. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi cemilan atau susu yang diberikan sehingga anak akan mudah merasa lapar dan bernafsu untuk makan kembali.  Jika ingin memberikan makanan ringan pada anak, jangan jauh dari waktu makan karena hal tersebut hanya membuat si kecil merasa mudah kenyang.