Mujarab! Coba Cara Menenangkan Bayi Menangis Berikut

1 min read

cara menenangkan bayi menangis

AnakIslam.com – Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Mujarab. Memiliki bayi menjadi hal yang menyenangkan, apalagi untuk sebagian orang tua baru yang bersemangat merawat bayi. Pastinya, para orang tua baru mengalami beberapa kendala dalam merawat anak. Kendala yang dihadapi dapat berupa bayi mendadak rewel ataupun menangis. Cara menenangkan bayi menangis dapat dilakukan dengan trik khusus.

Dikarenakan mengatasi bayi menangis haruslah berdasarkan penyebabnya, akan lebih baik juga para orang tua mengetahui penyebab apa sehingga bayi menangis. Tentu perasaan sedih menyelimuti kebahagiaan atas gelar orang tua baru jika masalah bayi menangis ini tidak segera teratasi. Maka dari itu, berikut cara menenangkan bayi yang kerap kali menangis, caranya:

6 Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Mujarab

1. Gendong Bayi

Bayi yang menangis terkadang dikarenakan butuhnya kehangatan pelukan ibu. Pelukan ibu bisa menjadi obat paling mujarab dalam menenangkan bayi yang menangis. Para orang tua dapat menelungkupkan bayi dalam dekapan dada atau menggendongnya dengan cara menggunakan selendang. Pastikan gendongan tersebut nyaman dan tidak menyakiti tubuh bayi.

2. Beri Air Susu Ibu

Penyebab bayi menangis juga karena haus. Karena bayi belum bisa berbicara maka cara bayi berkomunikasi yaitu dengan menangis. Jika bayi merasa haus, maka akan langsung menangis. Ibu sebaiknya segera memberikan ASI jika dirasa bayi belum minum dari beberapa jam lalu.

Bayi cenderung mudah merasa lapar, maka ASI sangat diperlukan. Namun, tetap perhatikan kapasitas air susu yang diberikan agar tidak muntah.

3. Beri Pijatan pada Tubuh Bayi

Upaya selanjutnya dalam menenangkan bayi yang menangis adalah dengan memberi pijatan lembut pada tubuh bayi. Pijatan ini dapat memberikan bayi kenyamanan. Bayi yang terus menerus digendong kesana kemari pastinya merasa pegal.  Maka upaya yang dapat diaplikasikan dalam permasalahan ini yaitu dengan memberikan pijatan lembut menggunakan minyak telon ataupun minyak urut bayi lainya secara pelan.

4. Mandikan dengan Air Hangat Kuku

Memandikan bayi dengan menggunakan air hangat adalah salah satu cara menenangkan bayi menangis. Air hangat dapat menjadikan tubuh bayi lebih santai dan nyaman. Selalu ingat bahwa pertama-tama ketahuilah penyebab bayi menangis. Jangan salah langkah dalam mengambil tindakan. Dalam cara ini, para orang tua harus memeriksa air yang akan digunakan bayi mandi, jangan sampai terlalu panas.

5. Ajak Bayi Jalan-jalan

Bayi juga manusia, pastinya perlu hal menyenangkan untuk membuat diri menjadi santai. Jalan-jalan keluar mencari suasana baru dapat menenangkan bayi dan tidak menangis lagi. Suasana baru ini dapat menjadikan pemandangan baru bagi para bayi, bayi juga memiliki perasaan bosan seperti layaknya manusia dewasa. Berada di ruangan itu-itu saja dapat menjadikan bayi merasa bosan dan rewel lalu menangis.

6. Putar Musik-musik Lembut

Tak disangka, musik memberikan efek menenangkan bagi para bayi. Musik-musik klasik atau nyanyian religi dapat menenangkan bayi yang kerap menangis. Orang tua dapat memutar musik sesuai dengan keadaan hati agar dapat memberikan kenyamanan pada keluarga juga.

Jangan memutar musik terlalu keras karena hal ini dapat merusak pendengaran bayi. Perhatikan jenis musik yang diputar, salah memilih musik dapat membuat tangisan bayi menjadi-jadi.

Mengetahui penyebab bayi menangis berbeda-beda, maka cara menenangkan bayi menangis juga pastinya beragam. Ketahui penyebab bayi menangis merupakan hal yang wajib. Bayi yang tidak berhenti menangis walaupun para orang tua sudah mencoba seluruh cara di atas, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter ataupun bidan. Karena bisa jadi bayi memiliki masalah serius yang memerlukan penanganan dokter.