cara membersihkan gigi anak 1 tahun

5 Cara Membersihkan Gigi Anak 1 Tahun yang Harus Dipahami Sejak Dini

Posted by

Menjaga kebersihan gigi sangatlah penting, bukan hanya orang dewasa akan tetapi juga anak-anak. Menginjak usia setahun terkadang anak masih belum begitu memahami pentingnya membersihkan gigi. Untuk itulah peran ayah dan ibu sangat penting dalam membimbing si kecil. Sebelum itu, tentu orangtua juga harus memahami cara membersihkan gigi anak 1 tahun.

Meskipun pada periode ini anak masih belum memiliki gigi tetap, namun keberadaan gigi susu harus selalu dirawat. Sebab, gigi anak memiliki peran penting untuk mengunyah makanan serta sebagai tempat untuk mempersiapkan tumbuhnya gigi tetap nanti. Berikut panduan 5 cara mudah dalam merawat serta membersihkan gigi anak usia 1 tahun:

1. Menentukan Pasta Gigi yang Baik Bagi si Kecil

Sebelum mulai membersihkan gigi, pastikan ibu memilih pasta gigi yang cocok bagi sang buah hati. Usahakan memilih pasta gigi tanpa aroma tambahan, sehingga tidak mudah ditelan oleh anak karena menganggapnya seperti makanan. Pastikan juga kandungan pasta gigi sesuai dengan kebutuhan, seperti fluoride yang dibutuhkan untuk mencegah timbulnya kerusakan gigi.

BACA JUGA   90 % Penyakit Berasal dari Pikiran. Apa Benar ?

Adapun kuantitas pasta gigi yang digunakan saat menyikat gigi juga penting untuk diperhatikan. Pasta gigi yang digunakan tidaklah sama kuantitasnya dengan orang dewasa. Tiga perempat bagian dari sikat gigi sudah cukup sebagai acuan saat mengambil pasta gigi untuk sekali membersihkan gigi.

2. Memastikan Ukuran Sikat Gigi Sesuai Kebutuhan

Sebagian besar sikat gigi dilengkapi kemasan berisi informasi terkait penggunaan sikat gigi dengan usia tertentu. Sebaiknya memilih sikat dengan benang lembut dan kepala sikat yang tidak terlalu besar, sehingga nyaman saat digunakan. Mengganti sikat baru secara berkala ketika kondisinya telah rusak, ditandai dengan posisi bulu sikat yang sudah tidak beraturan.

3. Menentukan Posisi yang Tepat

Kondisi anak yang sedang rewel seringkali membuat ibu kesusahan untuk membersihkan gigi sang anak. Dalam hal ini ibu harus memposisikan anak supaya tetap nyaman. Adapun cara membersihkan gigi anak 1 tahun dapat dimulai dengan memposisikan anak pada dekapan. Sehingga kepala sang anak bersandar pada lengan ibu. Posisi ini akan memudahkan ibu dalam membersihkan gigi anak.

BACA JUGA   9 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Anak Dijamin Aman

4. Menyikat Gigi Perlahan

Angkatlah bagian bibir hingga mudah membersihkan gigi bagian depan. Gerakkan ujung sikat melingkar dengan perlahan dan berulang pada gigi bagian depan dan belakang. Pastikan pula setiap gigi bersih tanpa sisa makanan menempel yang memungkinkan munculnya karang gigi di kemudian hari.

Pagi dan malam hari merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan gigi. Usahakan kondisi gigi dalam keadaan bersih menjelang tidur. Ketika sejak awal sudah terbiasa membersihkan gigi, maka selanjutnya ibu tidak akan kesulitan lagi ketika hendak menyikat gigi si kecil. Hingga kelak anak sudah mulai terbiasa dan mampu menyikat gigi sesuai tata cara yang sebelumnya diajarkan oleh ibu.

5. Rutin Check Up Kesehatan Gigi

Tindakan check up kesehatan gigi sebaiknya dilaksanakan minimal enam bulan sekali. Tindakan preventif ini sangat dianjurkan guna mengurangi kemungkinan kerusakan maupun tumbuhnya karang gigi. Apalagi karang gigi yang sudah terlanjur terbentuk tidak akan bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Perlu tindakan medis yang hanya bisa ditangani oleh dokter gigi.

BACA JUGA   5 Tanda Anak Sembuh Dari Demam, Orangtua Wajib Tahu!

Demikianlah 5 cara membersihkan gigi anak 1 tahun yang harus dipahami oleh ayah dan ibu. Pada dasarnya orangtua menjadi contoh bagi anak, termasuk ketika membersihkan gigi. Gigi susu yang rutin dibersihkan membuat tumbuh kembang gigi permanen di kemudian hari juga sama baiknya. Sehingga anak akan lebih percaya diri ketika gigi terjaga kebersihannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *