Tips Dan Cara Memandikan Bayi yang Benar

2 min read

cara memandikan bayi yang benar

Melahirkan di waktu pertama memang menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan oleh kebanyakan ibu. Pasalnya sebagian masih belum berani untuk memandikan bayinya. Maka dari itu cara memandikan bayi yang benar patut untuk dipelajari, karena apabila tidak memiliki pengetahuan tersebut akan beresiko terhadap sang bayi nanti. Apalagi resiko patahnya suatu sendi atau tulang pada bayi yang tergolong masih rawan.

Memandikan bayi menjadi kegiatan yang wajib untuk orang tua yang patut dikuasai. Hal ini dikarenakan orang tua tidak seharusnya ketergantungan pada babysitter atau dukun bayi. Maka, artikel di bawah ini menyajikan tips dan langkah dalam bayi secara benar.

Barang Yang Harus Disiapkan

Sebelum masuk pada tahapan dalam memandikan malaikat kecil, maka alangkah baiknya untuk menyiapkan barang yang nantinya akan dipakai. Hal tersebut ditujukan supaya ketika buah hati hendak mandi, orang tua tidak merasa bingung menyiapkan segala keperluannya, untuk itu siapkan hal-hal berikut:

BACA JUGA   6 Tanda Anak Alergi Susu Sapi-Bisa Sebabkan Kematian!

1. Bak Mandi dan Tempat Meletakkan Malaikat Kecil

Tempat mandi memang barang yang sangat wajib. Selain bak juga menyiapkan tempat yang alasnya rata serta telah dilapisi dengan kain berbahan halus dan lembut. Fungsinya untuk meletakkan bayi nanti setelah rampung mandi. Sebaiknya pilih bak mandi yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Air

Air juga menjadi sesuatu yang sangat penting di kala memandikan bayi karena suhu yang pas. Suhu panas atau dinginnya air yang digunakan pun sebisa mungkin tidak dingin dan tidak terlalu panas. Pastikan terasa hangat di tangan, serta jangan terlalu dingin sebab bisa mengakibatkan buah hati merasa kedinginan.

3. Handuk Atau Kain dan Pakaian Bayi

Tidak hanya handuk saja, kain yang berbahan lembut juga dapat berfungsi mengeringkan atau menyeka air pada tubuh bayi. Untuk pakaian bayi seperti popok, baju, dan lain-lain juga dipersiapkan di awal. Pasalnya, setelah mengeringkan bayi maka ibu harus langsung memakaikan baju agar buah hati tidak menggigil atau kedinginan.

BACA JUGA   Inilah Cara Menyusui Agar Tidak Lecet dan Sakit

Tips dan Cara Memandikan Buah Hati Dengan Baik Dan Benar

Setelah mempersiapkan semua benda di atas, berikutnya adalah tips memandikan bayi dengan benar. Untuk tips dan cara memandikan bayi yang paling utama adalah kepercayaan diri sang ibu kala memandikan nanti. Apabila tangan ibu sudah luwes dan tidak kaku maka akan mudah dalam memandikan bayi.

1. Meletakkan Ke Dalam Bak Mandi

Selesai menyiapkan air hangat didalam langkah pertama memandikan bayi yang benar adalah meletakkan bayi dengan lembut secara perlahan ke dalam bak mandi yaitu dengan dua tangan. Dibagi menjadi dua tangan kanan untuk memegang atas tubuh bayi yaitu berat kepala, dan untuk yang tangan satunya bertugas menahan tubuh bayi pada bawah atau pantatnya.

2. Mulai Memandikan Sang Buah Hati

Untuk step selanjutnya yaitu mengusap bayi dengan menggunakan air secara perlahan. Pada langkah ini kepala bayi harus ada diatas permukaan air. Kemudian tangan yang satunya mengusap bayi, untuk itu posisi tangan diatas harus menahan dengan kuat. Untuk daerah mata, maka cara membersihkannya dengan tisu basah atau sapu tangan yang lembut.

3. Letakkan Bayi Diatas Permukaan yang Datar

Cara memandikan bayi yang benar selanjutnya adalah meletakkan bayi diatas tempat yang sudah dialasi dengan handuk atau kain. Mengeringkan tubuh bayi yang basah handuk atau kain yang berbahan lembut secara hati-hati dan perlahan agar tidak menyakiti bayi.

BACA JUGA   Kenali 5 Jenis KB dan Efek Sampingnya, Jangan Salah Pilih!

4. Memakai Sabun Dan Lotion

Untuk bayi yang usianya sebelum satu bulan maka dianjurkan untuk tidak memakai sabun. Apabila memang ingin memakai sabun, maka pastikan produk yang digunakan mempunyai bahan yang baik dan ramah untuk tubuh bayi. Begitu juga Lotion, alangkah baiknya apabila ingin menggunakan Lotion pada bayi memilihnya harus hati-hati..

Sebenarnya penggunaan sabun pada bayi yang umurnya belum genap satu bulan tidak dianjurkan. Karena bisa saja menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Air yang tanpa dicampuri sabun atau apapun adalah pembersih yang terbaik untuk memandikan bayi. Sekian tips dan cara memandikan bayi yang benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *