Buku Bacaan yang Baik Bagi Generasi Penerus Islam

Buku Bacaan yang Baik Bagi Generasi Penerus Islam

AnakIslam.comBuku Bacaan yang Baik Bagi Generasi Penerus Islam. Pembahasan kita kali ini adalah tentang buku seperti apa yang baik bagi anak kita sebagai generasi penerus Islam? Pembahasan ini penting bagi orang tua dan guru yang setiap harinya berinteraksi dengan anak. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk menjadi rujukan bagi Anda dalam memberikan bacaan yang berkualitas bagi Anak.

Makin banyaknya buku bacaan saat ini

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa perkembangan dunia literasi berkembang pesat dalam kehidupan kita. ditambah lagi dengan informasi yang ada secara online seolah memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mendapatkan hal yang baik dan buruk sesuai pilihan. Sulit juga bagi orang tua untuk memberikan bacaan yang berkualitas bagi anak-anak, mengingat banyak buku yang beredar di pasaran kurang syarat ilmu dan nilai-nilai keagamaan.

Betapa banyak kita jumpai bacaan-bacaan yang hanya pepesan kosong yang membuat anak-anak kita kadang hanya menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang kurang berguna. Karena itu wajib bagi orang tua, meskipun sulit tetapi harus mengusahakan bacaan apa yang kira-kira cocok untuk anaknya. Usahakan juga bacaan ini sebisa mungkin disukai anak, misalnya dengan menyertakan banyak gambar yang menstimulus rasa penasaran mereka untuk ingin tahu tentang hal-hal baru yang bermanfaat.

Misalnya dengan memberikan tentang buku-buku yang syarat nilai agama dan ilmu pengetahuan. Adakah? Ada, misalnya buku-buku ensiklopedia bagi anak-anak kita yang sudah duduk di bangku setingkat SD keatas. Mengapa ensiklopedia? Karena penyusun ensiklopedia ini adalah mereka yang kompeten di bidangnya. Bukan penyusun yang asal-asalan hanya untuk mendapatkan keuntungan dari penerbitan sebuah buku, sebagaimana yang kita ketahui beberapa saat lalu ada beberapa buku yang tidak mendidik bagi anak-anak kita harus menjadi buku pelajaran yang sehari-hari mereka baca. Sangat memprihatinkan bukan?

Sumber image TafsirIlmi.com
Sumber image TafsirIlmi.com

Ensiklopedia sepatutnya memang harus ada di setiap perpustakaan sekolah. Fungsinya tentu sebagai rujukan yang sangat kuat terhadap berbagai pertanyaan yang mungkin jawabannya tidak bisa ditemukan dalam buku pelajaran siswa. Buku ensiklopedia Islam saat ini mulai banyak diterbitkan di Indonesia tujuannya tentu saja selain sebagai bacaan yang berkualitas juga sebagai upaya menambah khazanah keilmuan di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Karena itu membiasakan anak untuk membaca buku-buku Islam yang berkualitas seperti ensiklopedia, tafsir, terjemah, shiroh, dll adalah cara yang tepat supaya mereka terbiasa dengan budaya membaca sejak dini.

Saatnya Memilih Buku Bacaan Berkualitas bagi Anak

Karena itulah perpustakaan sekolah sejatinya bisa menyediakan buku-buku berkualitas tersebut, mengingat tidak semua siswa mempunyai orang tua yang suka membaca di rumah. Jika di rumah tidak ada buku bacaan, di sekolah perpustkaannya alakadarnya, lalu kemana lagi anak-anak kita akan mendapatkan bacaan yang berkualitas untuk memperkaya kkhazanah kelimuan dirinya? Ini tentu perlu dipertimbangkan. Saatnya anak-anak kita bisa mengakses kapan saja buku-buku yang memang layak bahkan harus mereka baca untuk membangkitkan ghirah belajar agama yang lebih tinggi dari dalam diri mereka.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Buku Bacaan yang Baik Bagi Generasi Penerus Islam. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sobat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Buku Islam di postingan lain blog ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *