baju anak muslim perempuan

5 Point Penting Sebelum Beli Baju Anak Muslim Perempuan Orang Tua Wajib Tahu!

Posted by

Sebagai seorang muslim dalam hal berpakaian memang sedikit berbeda dengan yang lain. Untuk seorang perempuan diwajibkan untuk menutup auratnya. Walaupun sebenarnya menutup aurat itu diwajibkan jika sudah menginjak usia remaja. Jika anak-anak ingin belajar menutup aurat sejak dini itu lebih bagus lagi. Berikut ini 5 point penting yang harus diperhatikan sebelum beli baju anak muslim perempuan. Sebelum membeli usahakan anak melihat dan mencoba dulu pakaiannya:

1. Model Baju Tertutup

Anak mulai belajar untuk menutup aurat sejak dini maka orang tua harus membelikan pakaian yang panjang dan sopan. Panjang yang dimaksud itu bukan berarti sampai menyapu lantai tetapi cukup menutup aurat sampai kaki. Bukan berarti harus terusan model setelan, baju dan celana juga masuk. Untuk anak-anak yang kalem orang tua bisa membelikan nya gamis atau terusan. Jika anak lebih suka bermain dan beraktivitas di luar sebaiknya belikan saja setelan. Hal ini karena setelan lebih nyaman digunakan untuk bergerak interaktif.

BACA JUGA   Inspirasi Baju Muslim Anak untuk Fashion Show yang Bisa Ditiru

2. Bahan yang Tepat

Karena pada umumnya kulit anak-anak itu sangat sensitif sebaiknya perhatikan betul bahan sebelum membelinya. Untuk menghindari iritasi kulit sebaiknya pilihkanlah baju anak yang seratnya lembut. Hindari yang berbahan kasar dan panas untuk anak. Jika anak suka bermain dan beraktivitas ekstrim maka pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat. Usahakan minimal yang dibeli itu bahan katun yang sudah terkenal adem dan lembut itu.

3. Warna Baju Yang Cerah

Untuk baju anak muslim perempuan warna yang cocok adalah warna-warna terang yang ceria. Bisa juga baju dengan motif bunga-bunga atau tanaman. Warna yang cerah dan motif  tanaman ataupun bunga akan memberikan kesan semangat dan ceria pada anak. Jika anak lebih suka warna-warna soft, warna-warna pastel juga cocok.

Warna pastel ini akan memberi kesan manis dan imut pada anak. Hindari warna hitam karena kesannya sendu. Pastikan baju yang dibeli sesuai dengan warna kesukaan anak agar anak-anak tertarik untuk langsung memakainya.

BACA JUGA   Inilah 6 Model Baju Muslim Anak Perempuan dari Masa Ke Masa

4. Baju Mudah Dikenakan

Hal penting saat memilih baju anak adalah harus simple. Tidak sulit dilepaskan saat buang air dan tidak kusut saat diduduki. Usahakan juga memilih baju kancing saja untuk menghindari resleting macet. Pilih juga bahan yang ringan supaya anak bisa bergerak lincah.

Hindari pakaian dengan banyak ornamen seperti mutiara-mutiara atau bunga tempelan. Hal itu karena semua bisa copot saat bermain atau berlari akhirnya mubazir. Untuk anak cukup pilih yang ada pitanya saja jika butuh untuk aksen baju.

5. Harga yang Pas

Membeli baju untuk anak tidak harus mahal yang terpenting adalah yang pas. Percuma mahal jika tidak dipakai. Walaupun ada pepatah bilang ada harga ada rupa semakin mahal semakin berkualitas. Akan tetapi sebagai orang tua tidak harus serta merta membelikan yang mahal. Baju untuk anak haruslah yang sesuai dan pas di badan, nyaman dipakai dan disukainya. Tidak memaksanya untuk mengenakan baju berat agar terkesan mewah.

Jadikan anak itu cantik dan sederhana. Enak dipandang dan tak berlebihan sesuai yang Qur’an ajarkan. Kualitas yang bagus belum tentu mahal. Untuk itu bisa membelinya di toko-toko biasa saja selagi ada tidak perlu ke mall mewah. Supaya menghemat biaya orang tua bahkan bisa buat sendiri bajunya dengan tangannya sendiri atau menggunakan jasa penjahit. Dengan hal itu juga orang tua bisa memastikan apa-apa saja yang digunakan dan membuat harga lebih terjangkau.

BACA JUGA   6 Model Baju Muslim Anak Perempuan Dannis Beserta Harganya

Itulah 5 hal penting tentang baju anak muslim perempuan yang wajib diketahui. Jangan lupa pula untuk membeli kerudungnya agar terlihat semakin cantik. Pastikan kerudungnya matching dengan baju anak. Usahakan untuk anak beli saja kerudung/hijab instan yang lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *